Barru Raya Warta Sejarah

Tim Ekspedisi Merah Putih Jilid IV Sukses Kibarkan Bendera Ukuran 17×45 Meter pada Peringatan HUT RI ke-78

Tim Ekspedisi Merah Putih
Tim Ekspedisi Merah Putih setelah mengibarkan Bendera.

Barru, attoriolong.com – Dalam momen bersejarah memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Tim Ekspedisi Merah Putih kembali mengukir prestasi gemilang dengan sukses mengibarkan bendera Merah Putih berukuran monumental, yakni 17×45 meter. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 16-17 Agustus 2023 ini menjadi perayaan yang lebih istimewa karena merupakan pelaksanaan keempat kalinya.

Kegiatan berlangsung di Ciro-Ciroe, Kaki Gunung Coppo Tille, Desa Mattirowalie, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Acara ini diselenggarakan oleh lembaga penggiat alam yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, yaitu Mattiro Alam Bebas (Mabes).

Kegiatan dimulai dengan Upacara pelepasan di Lapangan Sepak Bola Labandu, Ralla, Kecamatan Tanete Riaja pada tanggal 16 Agustus 2023, yang dilepas langsung oleh Camat Tanete Riaja. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengarak bendera dan berangkat menuju lokasi pengibaran.

Baca juga: Tim Ekspedisi Merah Putih jilid IV Kembali Siap Mengibarkan Bendera Raksasa Ukuran 45×17 Meter

Dalam dua hari penuh semangat, anggota Tim Ekspedisi Merah Putih bekerja keras untuk mengatasi tantangan alam dan teknis guna mencapai tujuan mulia ini. Para pendaki berdedikasi ini berhasil mengibarkan bendera raksasa tersebut di kaki Gunung Coppo Tille dengan gemilang, seolah menjadi simbol semangat kebangsaan yang tak tergoyahkan.

Yang membuat kegiatan ini menjadi istimewa karena kehadiran peserta Sahabat alam A2G yang berasal dari Fukoka Kiyusu, Jepang. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri berbagai lembaga penggiat alam dari berbagai daerah, di antaranya Mendadak Mendaki dari Morowali, Sahabat Alam dari Luwu Raya, Pajokka Santai Pinrang, Pejalan Parepare, Sahabat Trip Barru, KKN-T Unhas Mattirowalie, BYNG Outdoor Pasar Baru, Aliansi Pemuda Tanggap Bencana (APTB) Barru, Bar-Bar Adventure Pujananting, Sekber Passedde, Sipaling Adventure Lisu, Tanete Trail Adventure, Pancaitana Autdor, Billatakkajoe Adventure, Sepermoto Indonesia Barru Chapter, Sahabat Alam Komunity, dan Bolang Desa Ajakkang.

Baca juga: Nama Puncak Kappire di Barru Berasal Dari Makam Kuno di Atasnya

Tentunya kegiatan yang diikuti oleh sekitar 200 orang peserta itu dapat berjalan lancar atas kerja sama dari berbagai pihak, terutama para donator yang telah berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan ini seperti Hj. Iwan Anwar, Ketua KKDB Timika Papua Tengah yang juga berencana akan mendukung penuh tim ekspedisi dalam pemecahan rekor muri pengibaran bendera merah putih terbesar di indonesia untuk jilid berikutnya.

Selain itu ada pula dukungan dari berbagai komunitas, wirausahawan swasta, serta tokoh masyarakat seperti RBC Comunnity, CV. Tunas Karya Libureng, Andi Muhammad Ihsan, H. Aras, MHG, ITPMB Bacu-Bacu, A2G, Aji Pian, Hj. Nurmalasari Yasin, Rumah Jahit Rismasuprianto, AR Travel, dan Hj. Hamsiati. Kegiatan ini pula turut menghadirkan serta diliput oleh youtuber terkenal asal Maros, yaitu Mukhlis Amin Q melalui chanel Youtubenya MAQ.

Baca juga: Mengenang Kembali Konferensi Paccekke

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada sponsor, peserta, media partner, dan seluruh pihak yang terkait dalam kegiatan ini. Saya pribadi merasa sangat terharu atas antusias teman-teman yang sampai hari ini masih memiliki rasa nasionalisme yang begitu kuat dan kental. Saya berharap di kegiatan berikutnya akan lebih banyak peserta lagi yang bisa bergabung dalam ekspedisi Merah Putih berikutnya,” ujar Hendri Azis Caggi selaku penggagas Ekspedisi Merah Putih Jilid-IV. “Tak lupa saya ucapkan juga terima kasih kepada teman-teman panitia atas dedikasinya yang begitu luar biasa sehingga dapat mengontrol segala teknis kegiatan dengan baik,” lanjutnya.

Sementara itu Arfan Hamzah selaku Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih berharap moment ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat bagi kalangan muda. “Ekspedisi ini kami jadikan sebagai wadah untuk menanamkan semangat juang 45 kepada adik-adik kami yang tengah tumbuh, agar mereka lebih merasakan bahwa kemerdekaan direbut melalui darah para pejuang,” ujar Arfan Hamzah.

Baca juga: Peranan La Bandu Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Tanete-Barru

Pengibaran bendera raksasa ini juga menjadi momentum penting untuk mengajak generasi muda Indonesia untuk mengenang sejarah dan mengambil inspirasi dari semangat perjuangan para pendahulu. Keberhasilan Tim Ekspedisi Merah Putih menjadi cerminan bahwa dengan kerja keras, kolaborasi, dan semangat yang kuat, kita mampu mengatasi berbagai tantangan menuju masa depan yang lebih baik.

Tim Ekspedisi Merah Putih berkomitmen untuk terus melanjutkan tradisi pengibaran bendera raksasa ini setiap tahunnya sebagai upaya untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kebersamaan. Mereka juga berharap bahwa prestasi ini akan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu mencintai dan menjaga negara ini.

Tuliskan Komentar