Warta Sejarah

Tim Ekspedisi Merah Putih jilid IV Kembali Siap Mengibarkan Bendera Raksasa Ukuran 45×17 Meter

Ekspedisi Merah Putih
Proses penjahitan bendera 45x17 meter.

Barru, attoriolong.com – Tim Ekspedisi Merah Putih kembali siap untuk mengibarkan bendera merah putih dengan ukuran 45×17 meter pada peringatan kemerdekaan Indonesia nanti.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh para pemuda dari Desa Mattirowalie yang tergabung dalam organisasi Mattiro Alam Bebas (Mabes) yang merupakan organisasi penggiat alam bebas.

Kegiatan Ekspedisi Merah Putih ini sudah yang keempat kalinya. Penyelenggaraan sebelumnya dilaksanankan pada tahun 2017, 2018, dan tahun 2019. Setelah tiga tahun tidak dilaksanankan karena adanya pandemi Virus Corona, akhirnya di tahun 2023 ini akan kembali dilaksanakan.

Baca juga: 8 Wabah Pandemi yang Pernah Melanda Dunia Sepanjang Sejarah

Rencananya kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih raksasa seukuran 45×17 meter ini akan dilaksanankan bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia pada 16 s/d 17 Agustus 2023 di kawasan lereng pegunungan Coppo Tille yang berlokasi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Menurut Arfan Hamzah, ketua pelaksana Ekspedisi Merah Putih jilid IV, kegiatan ini kembali bisa direalisasikan berkat kemauan dan kerja keras dari para pemuda dan panitia.

“Kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan dengan banyak keterbatasan, mulai dari kurangnya sumber dana hingga terbatasnya waktu persiapan acara, namun berkat kerja keras dan kemauan rekan-rekan panitia, kami siap untuk kembali menyukseskannya.” Ucap Arfan Hamzah menerangkan.

Baca juga: Nama Puncak Kappire di Barru Berasal Dari Makam Kuno di Atasnya

Kegiatan pengibaran bendera raksasa ini digadang-gadang akan menjadi kegiatan berskala nasional yang akan diikuti oleh banyak peserta maupun organisasi penggiat alam dari berbagai daerah, baik di dalam maupun di luar Provinsi Sulawesi Selatan.

Henri Azis Caggi selaku penggagas kegiatan Ekspedisi Merah Putih jilid IV ini berharap agar kegiatan ini bisa dijadikan sebagai agenda tahunan yang mampu memunculkan regenerasi calon pemimpin dari kalangan pemuda serta mampu menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa.

Tuliskan Komentar