Warta Sejarah

12 Film Sejarah Berlatar Belakang Perang Dunia 2 Terbaik Sepanjang Masa

Film bertema Perang Dunia 2

Agak bosan juga belajar sejarah kalau melulu berkutat dengan buku-buku tebal yang isinya monoton, penuh istilah-istilah asing, pun sering sekedar bersifat hipotesa, perkiraan di angan-angan saja. Nonton film adalah cara belajar yang sangat menyenangkan.

Sejarah memang selalu menghadirkan kontroversi, apalagi film berlatar belakang sejarah. Salah satu genre film sejarah yang cukup asyik adalah film bergenre perang, terutama yang bertema Perang Dunia 2.

Beberapa film yang bertema Perang Dunia 2 ada yang dibuat berdasarkan kisah nyata dan ada juga kisah fiksi. Meski begitu, setidaknya kita bisa memahami keadaan dan situasi saat perang dunia kedua berlangsung.

Berikut ini kami hadirkan dua belas film sejarah berlatar belakang Perang Dunia Ke-2 terbaik sepanjang masa versi Attoriolong. Mari kita simak!

Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan
Foto: en.wikipedia.org

Saving Private Ryan adalah film bergenre sejarah-perang Amerika Serikat tahun 1998 yang bertemakan peperangan saat invasi Normandia pada Perang Dunia II tahun 1944. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan skenario ditulis oleh Robert Rodat.

Baca juga: 6 Situs Web Yang Bisa Kamu Kunjungi Untuk Belajar Sejarah

Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns, Barry Pepper, Vin Diesel, Giovanni Ribisi, Adam Goldberg, Jeremy Davies, dan Matt Damon.

Film ini mengisahkan petualangan Kapten John H. Miller dalam usaha penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan yang kehilangan ke-3 saudaranya dalam perang dan diperintahkan untuk kembali ke Amerika Serikat oleh departemen peperangan Amerika Serikat.

The Thin Red Line (1998)

The Thin Red Line
Foto: en.wikipedia.org

The Thin Red Line adalah sebuah film perang epik Amerika tahun 1998 yang ditulis dan disutradarai oleh Terrence Malick, berdasarkan pada novel karya James Jones.

Film tersebut mengisahkan versi fiksionalisasi dari Pertempuran Mount Austen, yang merupakan bagian dari Kampanye Guadalcanal di Teater Pasifik dari Perang Dunia II.

Enemy at the Gates (2001)

Enemy at the Gates
Foto: en.wikipedia.org

Enemy at the Gates adalah sebuah film yang disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud pada tahun 2001, dan diadaptasi dari sebuah buku yang ditulis oleh William Craig yang menceritakan kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa sekitar Perang Dunia II.

Baca juga: Kisah Pembantaian Westerling di Indonesia Dituangkan Dalam Film De Oost

Seorang penembak jitu bernama Vasily Zaitsev dari kubu Uni Soviet melawan rival Jermannya, Mayor Heinz Thorvald, pada Pertempuran Stalingrad, 1942.

Pearl Harbor (2001)

Pearl Harbor
Foto: en.wikipedia.org

Pearl Harbor adalah sebuah film perang yang diliris pada musim panas tahun 2001 oleh Touchstone Pictures. Film ini dibintangi Ben Affleck, Alec Baldwin, Jon Voight, Josh Hartnett, Kate Beckinsale, Cuba Gooding, Jr., Dan Aykroyd, Jaime King, dan Jennifer Garner.

Film ini digambarkan dramatis tentang serangan di Pearl Harbor, diproduksi oleh regu yang terdiri dari Jerry Bruckheimer dan Michael Bay, yang telah menyutradai beberapa film seperti Armageddon dan The Rock.

Film ini menceritakan serangan Jepang terhadap pangkalan militer Amerika Serikay di Pearl Harbor, Kepulauan Hawai. Pada bagian akhir dari film ini menceritakan tentang Doolittle Raid, serangan pertama Amerika ke Jepang pada Perang Dunia II.

Windtalkers (2002)

Windtalkers
Foto: en.wikipedia.org

Windtalkers adalah film perang Amerika 2002 yang disutradarai dan diproduksi oleh John Woo, dibintangi oleh Nicolas Cage, Adam Beach, Peter Stormare, Noah Emmerich, Mark Ruffalo, dan Christian Slater. CO Erickson adalah produser eksekutif. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 Juni 2002.

Baca juga: 14 Film Lawas yang Bertema Perang Kemerdekaan Indonesia

Film ini didasarkan pada kisah nyata tentang perjuangan Navajo, seorang pemecah kode Amerika saat pertempuran di Pulau Saipang, Kep. Mariana pada Perang Dunia II.

Flags of Our Fathers (2006)

Flags of Our Fathers
Foto: en.wikipedia.org

Flags of Our Fathers adalah film perang produksi Amerika Serikat tahun 2006. Selain sebagai salah seorang produser, Clint Eastwood bertindak sebagai sutradara merangkap penata musik.

Skenario ditulis oleh William Broyles, Jr. dan Paul Haggis berdasarkan buku berjudul sama oleh James Bradley dan Ron Powers yang mengisahkan Pertempuran Iwo Jima, enam prajurit yang berperan dalam pengibaran bendera di Iwo Jima, dan dampak peristiwa tersebut dalam hidup mereka.

Bersama film ini, Eastwood juga membuat sebuah film lain, Letters from Iwo Jima yang mengisahkan Pertempuran Iwo Jima dari sudut pandang Jepang.

Letters from Iwo Jima (2006)

Letters from Iwo Jima
Foto: en.wikipedia.org

Letters from Iwo Jima adalah film drama perang sejarah tahun 2006 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Clint Eastwood, Robert Lorenz dan Steven Spielberg. Film ini dibintangi oleh Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuyoshi Ihara, Ryo Kase dan Shidou Nakamura.

Baca juga: Mengapa Jepang Menyerang Pearl Harbor?

Film bercerita tentang kisah Saigo beserta peletonnya di bawah pimpinan Letnan Jenderal Tadamichi Kuribayashi harus mempertahankan Pulau Iwo Jima dari serangan tentara Amerika Serikat.

Jika film Flags of Our Fathers bercerita tentang Pertempuran Iwo Jima dari sudut pandang Amerika, maka Letters From Iwo Jima menceritakan dari sudut pandang Jepang. Film Flags of Our Fathers dan Letters From Iwo memiliki keterkaitan, jadi tidak lengkap tanpa menonton keduanya.

My Way (2011)

My Way
Foto: en.wikipedia.org

My Way adalah film perang Korea Selatan 2011 yang diproduksi, ditulis bersama dan disutradarai oleh Kang Je-gyu. Dibintangi oleh Jang Dong-gun, bersama aktor Jepang Joe Odagiri dan aktris Cina Fan Bingbing.

Film ini didasarkan pada kisah nyata seorang Korea bernama Yang Kyoungjong yang diduga ditangkap oleh orang Amerika pada D-Day.

Karena Korea diduduki oleh Jepang, Yang Kyoungjong harus mengikuti wajib militer dan bergabung ke dalam Tentara Kekaisaran Jepang, kemudian ditangkap dan dijadikan Tentara Merah Soviet, dan terakhir direkrut masuk Wehrmacht atau tentara Jerman.

Fury (2014)

Fury
Foto: en.wikipedia.org

Fury adalah film perang Amerika Serikat tahun 2014 yang ditulis dan disutradarai oleh David Ayer. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Shia LaBeouf, Logan Lerman, Michael Peña, dan Jon Bernthal.

Dimasa akhir Perang Dunia II, dimana Sekutu hampir mengalahkan tentara Nazi Jerman. Pasukan sekutu pimpinan sersan Wardaddy mendapat misi terakhir yang sangat berbahaya.

Baca juga: Orang Barru yang Terseret ke Dalam Perang Dunia II di Eropa

Sersan Wardaddy membawa anak buahnya untuk membawa tank jenis Sherman yang diberi nama “Fury” untuk menyerang sisa-sisa tentara Nazi di jantung kota Jerman.

Sadar dengan kenyataan keadaan pasukannya yang kalah jumlah dan persenjataan, mereka berusaha mengalahkan pasukan Nazi Jerman.

Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge
Foto: en.wikipedia.org

Hacksaw Ridge adalah film biografi drama perang tahun 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibson dan diproduseri oleh Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver dan David Permut.

Film ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving dan Rachel Griffiths.

Naskah film ini ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan berdasarkan kisah nyata Desmond Doss menjadi tentara medis Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Dunkirk (2017)

Dunkirk
Foto: en.wikipedia.org

Dunkirk adalah film drama sejarah perang tahun 2017 yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Emma Thomas dan Christopher Nolan.

Baca juga: Kesaksian Pilot Amerika yang Menjatuhkan Bom Atom di Jepang

Naskah ini ditulis oleh Christopher Nolan berdasarkan peristiwa evakuasi Dunkerque di pelabuhan Kota Dunkirk, Prancis, pada tanggal 26 Mei 1940 sampai dengan 4 Juni 1940 semasa Perang Dunia II.

Film ini dibintangi oleh Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Aneurin Barnard, James D’Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance dan Tom Hardy.

Midway (2019)

Midway
Foto: en.wikipedia.org

Midway adalah film perang Amerika Serikat tahun 2019 yang didasari dari Serangan Pearl Harbor dan Pertempuran Midway selama Perang Dunia II.

Film ini disutradarai Roland Emmerich, yang memproduksi film ini bersama Harald Kloser, dan ditulis Wes Tooke, dengan Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans, Aaron Eckhart, Nick Jonas, Mandy Moore, Dennis Quaid, Tadanobu Asano, dan Woody Harrelson membintangi film ini.

Itulah dua belas film sejarah berlatar belakang Perang Dunia Ke-2 terbaik. Kamu sudah pernah nonton yang mana? Jangan kalah sama mimin ya, mimin sudah nonton semua loh.

Suka artikel ini, silahkan dibagikan ya.

Tuliskan Komentar