Warta Sejarah

6 Situs Web Yang Bisa Kamu Kunjungi Untuk Belajar Sejarah

web sejarah
Ada laptop pada lukisan dari masa Yunani!

Berkat kemajuan teknologi yang pesat, ribuan informasi bisa kita akses dengan mudah saat ini. Dimanapun dan kapanpun kita dapat mengakses informasi atau artikel yang kita butuhkan hanya dengan melalui penyedia informasi secara daring seperti situs web.

Bukan hanya informasi yang sifatnya memberi kabar seperti berita, tetapi juga berupa artikel yang bisa menambah wawasan, salah satunya informasi sejarah. Kalau dulu kita membaca sejarah harus melaluo buku-buku tebal yang monoton dan tidak praktis.

Namun sekarang tidak lagi, karena untuk membaca artikel sejarah sekarang bisa diakses melalui beberapa situs web sejarah. Membacanya pun kini tidak membosankan karena telah dilengkapi dengan video, grafik ataupun gambar-gambar yang menarik. Berikut ini enam situs web yang bisa kamu kunjungi untuk belajar sejarah.

1. Historia.id

Halaman muka situs web historia.id

Historia.id adalah majalah sejarah online pertama di Indonesia yang disajikan secara populer. Penggarapan situs historia.id dilakukan dengan cara memadukan disiplin kerja jurnalistik dengan penelitian sejarah yang ketat untuk menghadirkan kisah masa lalu secara memikat dan mengesankan di hadapan para pembacanya.

Baca juga: Seperti Inilah Metode dalam Penelitian dan Penulisan Sejarah

Konten yang dihadirkan ialah sejarah indonesia mulai dari prasejarah hingga masa pasca kemerdekaan. Selain itu disajikan video dan infografis atau gambar yang menarik.

Situs web ini dikelola oleh PT. Global Visi Media, situs web ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Selain menerbitkan artikel secara daring di situs webnya, historia.id juga menerbitkan majalah sejarah versi cetaknya yang terbit setiap bulan.

2. Tirto.id

halaman muka rubrik Humaniora tirto.id

Mungkin sudah banyak yang tau mengenai situs ini. Sebenarnya tirto.id tidak hanya membahas sejarah Indonesia tetapi juga berita-berita yang sedang beredar di masyarakat. Namun, tirto.id banyak mengulas peristiwa dan tokoh-tokoh sejarah di Indonesia.

Hampir setiap hari situs ini mengupdate konten mengenai sejarah. konten mengenai sejarah dapat kita temukan di bagian rubrik Humaniora. Pertama kali tayang pada Februari 2016 dan diresmikan pada 3 Agustus 2016, situs web ini dikelola oleh PT Tirta Adi Surya.

Baca juga: Melemahkan Suatu Bangsa Dengan Menghilangkan Ingatan Sejarah Generasi Mudanya

Nama Tirto diambil dari pahlawan nasional bapak pers Tirto Adhi Soerjo yang pada masanya mendirikan surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Poetri Hindia juga pembentukan Sarekat Dagang Islam (SDI).

3. Kekunoan.com

kekunoan

Bukan kekinian ya, tapi kekunoan. Situs ini hadir di tengah-tengah masyarakat kekinian yang semakin lupa akan hal kekunoan. Kekunoan.com memiliki visi meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sejarah dan budaya yang adiluhung.

Bukan hanya sejarah nusantara, akan tetapi situs ini juga menghadirkan sejarah peradaban dari luar negeri. Kebanyakan informasi dan artikel sejarah yang diterbitkan dalam website ini membahas sejarah kuno di Jawa, terutama masa-masa kerajaan Hindu-Buddha.

4. Arsipindonesia.com

arsipindonesia

Situs web arsipindonesia.com secara resmi diluncurkan pada tahun 2015. Selang satu tahun kemudian (2016), bergabung di bawah naungan Yayasan Historika Indonesia. Situs arsipinndonesia.com merupakan media online yang memuat informasi sejarah, dan kearsipan Indonesia, terutama sejarah Indonesia Modern.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Situs Sejarah dan Cagar Budaya

Web ini merupakan media yang memuat pandangan alternatif mengenai sejarah Indonesia. Materi-materi yang disajikan dalam situs ini merupakan hasil investigasi, reportase dan riset yang dilakukan secara swadaya, dengan tidak hanya terpaku pada sumber-sumber resmi semata.

5. Histori.id

histori

Histori.id adalah website yang berisi artikel sejarah indonesia dan dunia. Selain artikel-artikel bertema sejarah Nasional maupun sejarah dunia, situs web ini juga banyak menerbitkan artikel yang bertema budaya, kumpulan cerita rakyat Nusantara, berupa dongeng, mitos maupun legenda.

6. Attoriolong.com

attoriolong

Yang terakhir ada situs web attoriolong.com yang sedang kalian baca saat ini. Pada dasarnya attoriolong.com memiliki visi dan misi yang sama dengan situs web yang sudah kita bahas sebelum-sebelumnya, yaitu menyajikan artikel-artikel sejarah yang menarik.

Hanya saja situs web ini lebih terfokus untuk menerbitkan artikel sejarah lokal Sulawesi Selatan, selain itu juga terdapat pula artikel budaya, folklor, dan lagu daerah. Namun dalam web ini juga disediakan rubrik yang membahas artikel sejarah Nasional dan dunia.

Tuliskan Komentar