Barru Raya

5 Potret Barru Zaman Dulu dan Sekarang, Bikin Nostalgia

Barru Dulu Sekarang
Ruko di Pasar Lama Takkalasi pada tahun 1975.

Berikut lima potret perbandingan zaman dulu vs sekarang tempat-tempat di Barru yang bikin nostalgia.

Sejarah Barru yang berhubungan dengan narasi sistematis dan berkelanjutan tentang peristiwa zaman dulu yang berkaitan dengan orang, negara, hingga periode tertentu, kerap menarik perhatian siapapun. Bahkan, ketika dibandingkan dengan era sekarang, membuat peristiwa tersebut semakin berkesan dan membekas.

Salah satu contohnya, melihat perbandingan dua foto antara situasi dulu dan sekarang. Salah satu daerah yang paling sedikit ditemui foto-foto bersejarah adalah Kabupaten Barru di Sulawesi Selatan.

Namun berkat usaha dalam penelusuran, akhirnya bisa dikumpulkan beberapa foto tempat bersejarah zaman dulu di Barru yang bisa disandingkan dengan foto tempat yang sama di zaman sekarang.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber, lima potret perbandingan zaman dulu vs sekarang tempat-tempat di Barru yang bikin nostalgia.

Baca juga: Koleksi Foto Bersejarah di Barru Pada Masa Perang Kemerdekaan

Deretan foto ini menunjukkan waktu mengubah banyak hal. Siap-siap tercengang, melihat perbedaan dulu dan sekarang di lokasi yang sama.

1. Pacciro, Takkalasi.

Barru dulu sekarang

Foto bagian atas diabadikan oleh fotografer Belanda H.C. Kavelaars pada bulan Desember 1946 di Takkalasi, Barru. Dalam foto tersebut terlihat serdadu Belanda di bawah komando Kapten Korinth melakukan patroli dengan meminta bantuan masyarakat untuk membawakan barang-barangnya. Terlihat di latar foto menjulang Gunung/Bulu Alipeng.

2. Lapangan Sumpangbinangae, Barru.

Barru dulu sekarang

Foto bagian atas diabadikan oleh fotografer Belanda, H.C. Kavelaars pada bulan Januari 1947 di Lapangan Sumpangbinangae, Barru. Dalam foto tersebut terlihat beberapa jenazah para pejuang yang telah dieksekusi mati oleh Belanda di bawah pimpinan Kapten Westerling.

Baca juga: Koleksi Foto Pembantaian Westerling di Barru

3. Muara Sungai Takkalasi.

Muara sungai Takkalasi

Foto di bagian atas merupakan muara Sungai Takkalasi, Barru, yang diabadikan dari Jembatan Takkalasi pada tahun 1925. Foto ini bersumber dari koleksi online TROPENMUSEUM atau Museum Antropologi Belanda.

4. Ruko Pasar Lama Takkalasi.

Pasar lama Takkalasi

Foto di bagian atas merupakan rumah toko atau Ruko di Takkalasi, Barru, pada tahun 1975. Foto ini diabadikan oleh Gustav N.

Menurut keterangan Warganet, orang yang bersepeda di latar depan itu adalah Pak Muhdar dari Lapasu yang berprofesi sebagai guru di SMP Muhammadiyah Takkalasi.

Baca juga: Koleksi Foto Ratu Tanete We Tenriolle

5. Perbatasan Barru-Pangkep.

Pantai Lasitae Barru

Foto di bagian atas merupakan Pantai Lasitae di Butung, Barru yang merupakan batas antara Kabupaten Barru dan Pangkep. Foto ini diabadikan oleh Gustav N pada tahun 1975.

Itulah lima gambar yang diambil dari berbagai sudut kota Barru dulu vs sekarang. Banyak perubahan terjadi, berkat urbanisasi, modernisasi hingga perkembangan teknologi. Apakah kamu pernah membuat foto dulu vs sekarang versi kamu?

Tuliskan Komentar