Barru Raya Kuno Tokoh

Koleksi Foto Ratu Tanete We Tenriolle

 

Siti Aisya We Tenriolle adalah seorang ratu yang pernah memerintah di Kerajaan Tanete. ia memerintah cukup lama, yaitu 55 tahun, antara tahun 1855-1910. We Tenriolle terkenal sebagai pemimpin yang banyak berjasa kepada Belanda, atas jasa-jasanya itu ia dianugerahi bintang kehormatan Commandeurkruis der Orde van Oranje Nassau oleh Pemerintah Belanda. Ia juga pemimpin Kerajaan Tanete yang pertama mebentuk sekolah rakyat.

Banyak orang yang keliru mengira kalau foto ini merupakan foto Colli Pujie, sosok yang terkenal karena mengumpulkan dan menyalin kembali epos I La Galigo. Padahal ini adalah foto We Tenriolle yang memang merupakan anak dari Colli Pujie.

Beberapa foto ini merupakan koleksi dari Tropen Museum atau Museum Antropologi Belanda. Berikut beberapa foto We Tenriolle dan para anggota kerajaan Tanete lainnya yang dikumpulkan dari laman commons.wikimedia.org (Wikimedia Commons) dan flickr.com (Flickr).

 

1. Ratu Tanete We Tenriolle.

Sumber: klik

We Tenriolle dianggap sangat berjasa oleh Belanda, terlihat pada foto We Tenriolle, di dadanya sedang mengenakan medali Commandeurkruis der Orde van Oranje Nassau dari Ratu Belanda B. M. Koningin Wilhelina.

2. Ratu Tanete We Tenriolle bersama Abdi Dalem kerajaan.

Sumber: klik
 

3. Ratu Tanete We Tenriolle bersama para Dayang.

Sumber: klik
 

4. Ratu Tanete We Tenriolle dan putrinya We Pancaitana bersama aparat kerajaan.

Sumber: klik
 

We Tenriolle (duduk di sebelah kanan) bersama We Pancaitana (duduk di sebelah kiri) didampingi oleh jajaran aparatur Kerajaan Tanete yang berdiri di belakang.

5. Ratu Tanete We Tenriolle bersama Putrinya We Pancaitana.

Sumber: klik

We Tenriolle (Kanan) berfoto bersama anaknya We Pancaitana (Kiri) yang telah dinobatkan sebagai Putri Mahkota yang kelak akan menggantikan ibunya. Terlihat pada dada dan leher We Tenriolle terpasang atau disematkan medali dan lencana penghargaan dari pemerintah Belanda.

6. Putra Putri Kerajaan Tanete.

Sumber: klik
 

7. Salah seorang Putri Tanete.

Sumber: klik
 

8. Ratu Tanete We Tenriolle bersama anggota keluarga.

Sumber: klik
 

9. Ratu Tanete We Tenriolle saat bertemu dengan Gouverneur General ACD Graeff di Makassar.

Sumber: klik
 
10. Ratu Tanete We Tenriolle bersama anggota keluarga kerajaan.
Sumber: klik
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tuliskan Komentar