Kuno Sulsel

Epik! Lukisan Babi di Gua Sulawesi Berusia 45.000 Tahun

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan Science Advances mempublikasikan klaim lukisan babi yang ditemukan di gua di Sulawesi berusia sekitar 45 ribu tahun. Lukisan figuratif kontemporer itu menjadi lukisan tertua di dunia.

Lukisan tersebut menampilkan seekor babi dengan perut buncit dan di sampingnya ada dua bentuk gambar menyerupai tangan. Karya itu bernilai karena usianya dan diprediksi masih ada banyak yang serupa.

“Lukisan yang disebut sebagai seni cadas purba ini adalah contoh unik yang ada di Asia Tenggara atau kawasan yang lebih luas,” ungkap para peneliti dalam jurnal tersebut, dilansir dari ArtNews, Kamis (14/1/2021).

Lokasi penemuan gua-gua yang memiliki lukisan di Sulawesi Selatan. Foto: advances.sciencemag.org

Baca juga: Lukisan di Dinding Gua Sulawesi Mungkin Salah Satu Seni Tertua Dunia

Lukisan gua
Lukisan figuratif babi di Leang Tedongnge. Foto: advances.sciencemag.org

Gambar lukisan babi yang baru ditemukan berpotensi membuka wawasan bagi para sejarawan dan arkeolog.

Di kawasan Lascaux, Prancis, ada lukisan gua binatang yang diperkirakan berusia lebih dari 20.000 tahun. Lukisannya menjadi karya paling ikonik i unia.

Ada juga lukisan babi lainnya yang serupa ditemukan di Sulawesi berusia sekitar 1.500 tahun ditemukan para peneliti pada 2019. Peneliti dari Universitas Griffith Australia, Adam Brumm, mengatakan karya seni figuratif yang ditemukan di Sulawesi sangat canggih.

Baca juga: 5 Karya Seni Tertua di Dunia

Lukisan gua
Gambar babi pada panel seni cadas di Leang Tedongnge. Foto: advances.sciencemag.org
Lukisan gua
Lukisan tanggal babi di Leang Balangajia. Foto: advances.sciencemag.org

“Lukisan babi kemungkinan besar dilakukan oleh manusia modern, tapi identitas pelukis masih belum diketahui,” ungkap arkeolog tersebut kepada New York Times.

Menurutnya, karya seni cadas Indonesia bisa memburuk dengan cepat karena melihat dari kondisi cuaca dan kelembaban di dalam gua.

Baca juga: Membandingkan Dua Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro

“Ini sangat mengkhawatirkan,” katanya.

“Mengingat situasi saat inni, akhirnya kemungkinan besar adalah kehancuran seni Indonesia zaman es. Bahkan mungkin dalam masa hidup kita,” pungkasnya.

Lukisan gua
Penanggalan seri-U dari gambar babi di Leang Tedongnge. Foto: advances.sciencemag.org
Lukisan gua
Penanggalan seri-U dari sosok babi merah di Leang Balangajia 1. Foto: advances.sciencemag.org

Pada Desember 2019, arkeolog dan tim peneliti juga menemukan lukisan gua yang diperkirakan berumur sekitar 44.000 tahun. Lukisannya memperlihatkan seekor anoa yang sedang diburu oleh kelompok manusia dan setengah hewan dengan tombak dan tali.

Lukisan purbakala itu berada di situs Leang Bulu’ Sipong 4 dan menjadi satu dari ratusan gua di daerah Karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sumber: detik.com – Foto: Science Advances

Tuliskan Komentar