Nasional

Mengapa Penjajah Belanda Disebut Kompeni?

Kompeni Belanda
Ilustrasi

Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara atau wilayah lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

Negara kolonialisme pertama adalah Inggris dan Spanyol. Sebagian besar negara kolonialisme merupakan negara-negara yang berada di Eropa.

Sedangkan yang menjadi negara jajahan sebagian besar merupakan negara-negara atau wilayah yang berada di luar Eropa seperti Afrika, Asia, Amerika, dan Australia.

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang pernah diperebutkan dan menjadi wilayah jajahan negara-negara Eropa seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Juga pernah dikuasai oleh Jepang yang juga sama-sama negara Asia.

Baca juga: Sejarah Singkat Kolonialisme di Indonesia

Tujuan utama kedatangan bangsa kolonial itu adalah untuk mencari sumber daya alam, terutama rempah-rempah yang banyak terdapat di Kepulauan Nusantara.

Namun di antara negara-negara yang pernah menjajah Indonesia itu, Belanda menjadi negara paling lama dan paling gigih dalam hal menjajah wilayah Indonesia.

Jika kita mencari dokumen-dokumen internasional berbahasa Inggris dari negara Belanda ini, maka kita tidak akan menemukan nama Belanda, melainkan yang ada hanya nama Netherland.

Dalam bahasa Inggris, negara Belanda disebut sebagai Netherland, tapi ternyata ada juga yang menyebutnya sebagai Holland. Namun banyak orang luar lebih sering menyebut negara ini sebagai Holland, bukannya Netherland.

Baca juga: Dari Mana Asal-Usul Penyebutan Belanda Oleh Orang Indonesia?

Orang Indonesia punya penyebutan tersendiri untuk negara ini, yaitu menyebut Netherland dengan nama Belanda. Selain itu, orang Indonesia juga kadang menyebut orang Belanda pada masa penjajahan terdahulu dengan nama “kompeni,” mengapa demikian?

Bermula ketika pada 5 Juni 1596, empat kapal Belanda di bawah pimpinan Cornelis de Houtman mendekati pantai Barat Sumatra. Delapan belas hari kemudian mereka mencapai pelabuhan Banten di Jawa Barat.

Inilah kali pertama bangsa Belanda menginjakkan kaki di Nusantara. Kedatangan ekspedisi pertama Belanda di Nusantara ini kemudia diikuti oleg beberapa pedagang Belanda lainnya.

Perlu diketahui bahwa bangsa Belanda merupakan bangsa pedagang. Maksud awal kedatangannya adalah untuk perdagangan rempah-rempah. Namun kerap terjadi persaingan secara tidak sehat diantara para pedagang Belanda itu.

Baca juga: Nasib Malang Pelayaran Pertama Belanda di Bawah Pimpinan Cornelis de Houtman

Untuk mencegah persaingan yang tidak sehat, kerajaan Belanda kemudian menggabungkan seluruh perusahaan dagang itu menjadi satu perusahaan besar pada tahun 1602 yang disebut Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Kongsi Dagang Hindia Belanda.

VOC memonopoli dan menjajah Nusantara selama hampir 200 tahun. Ini membuatnya begitu membekas dalam masyarakat Indonesia. Sampai-sampai orang Indonesia menyebut orang-orang Belanda yang bekerja pada perusahaan itu dengan sebutan Kompeni.

Kata kompeni merujuk pada kata Compagnie dalam bahasa Belanda atau Company dalam bahasa Inggris yang artinya perusahaan. Namun pengucapannya oleh orang Indonesia berubah menjadi kompeni.

Jadi apabila orang Indonesia pada zaman dahulu mengatakan Kompeni Belanda, itu artinya adalah orang-orang perusahaan Belanda. Meskipun perusahaan dagang VOC telah dibubarkan pada tahun 1799, kata ini kemudian terus dipergunakan hingga awal abad ke-20.

1 Komentar

Tuliskan Komentar