Warta Sejarah

6 Film Sejarah Berlatar Belakang Perang Dunia 1 Terbaik

Film Perang Dunia 1

Perang Dunia I adalah sebuah perang global terpusat di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918.

Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (Inggris, Prancis, Amerika dan Rusia) dan Blok Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, dan Turki).

Taktik utama pada Perang Dunia I adalah perang parit. Kedua belah pihak masing masing membuat parit pertahanan yang saling berhadapan.

Perang Dunia I merupakan salah satu peristiwa besar yang banyak diangkat menjadi sebuah film. Beberapa film yang bertema Perang Dunia 1 ada yang dibuat berdasarkan kisah nyata dan ada juga kisah fiksi.

Baca juga: 12 Film Sejarah Berlatar Belakang Perang Dunia 2 Terbaik Sepanjang Masa

Meski begitu, setidaknya kita bisa memahami keadaan dan situasi saat perang dunia pertama berlangsung. Berikut ini kami hadirkan enam film sejarah berlatar belakang Perang Dunia Ke-1 terbaik versi Attoriolong. Mari kita simak!

The Trench (1999)

The Trench
Poster The Trench.

The Trench adalah film perang tahun 1999 yang disutradarai oleh William Boyd dan dibintangi oleh Paul Nicholls dan Daniel Craig. Film ini menggambarkan pengalaman sekelompok tentara muda Inggris dalam 48 jam menjelang Pertempuran Somme pada tahun 1916.

Film ini melukiskan gambaran pengalaman emosional para prajurit Inggris di garis depan parit, sebuah gambaran bagaimana para tentara inggris merasakan ketegangan sebelum melakukan serangan besar terhadap pasukan Jerman.

Hal yang sama dirasakan oleh tokoh dalam film itu, Billy MacFarlane yang masih berusia 17 tahun bersama kakak laki-lakinya, Eddie, yang tergabung dalam pasukan Inggris.

Trailer The Trench.

Beneath Hill 60 (2010)

Beneath Hill 60
Poster Beneath Hill 60.

Beneath Hill 60 adalah film perang Australia tahun 2010 yang disutradarai oleh Jeremy Sims (dikreditkan sebagai Jeremy Hartley Sims) dan ditulis oleh David Roach.

Skenarionya berdasarkan pada kisah nyata yang ditulis oleh Kapten Oliver Woodward, yang diperankan oleh Brendan Cowell dalam film tersebut.

Baca juga: Kisah Pembantaian Westerling di Indonesia Dituangkan Dalam Film De Oost

Berlatar Pertempuran Gallipoli pada Perang Dunia I, film ini bercerita tentang upaya satu kompi pasukan terowongan Australia dalam menggali terowongan di bawah Bukit 60 di Ypres Salient di Front Barat, Gallipoli, Turki.

Selama perang, serangkaian terowongan penuh dengan bahan peledak ditempatkan di bawah garis pertahanan Jerman untuk membantu gerak maju pasukan Inggris.

Trailer Beneath Hill 60.

War Horse (2011)

War Horse
Poster War Horse

War Horse adalah film drama perang Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Spielberg serta diproduseri oleh Steven Spielberg dan Kathleen Kennedy.

Naskah film ini ditulis oleh Lee Hall dan Richard Curtis berdasarkan novel War Horse karya Michael Morpurgo. Film ini dibintangi oleh Emily Watson, David Thewlis, Peter Mullan, Niels Arestrup, Jeremy Irvine, Benedict Cumberbatch dan Tom Hiddleston.

Film ini bercerita tentang seekor kuda yang dibawah ke front depan pada perang dunia pertama. Kuda ini sempat beberapa kali berpindah tangan untuk dipekerjakan selama perang, diantaranya harus menarik meriam ke atas bukit, hingga diperebutkan oleh tentara Inggris dan Jerman.

Trailer War Horse.

Forbidden Ground (2013)

Forbidden Ground
Poster Forbidden Ground.

Forbidden Ground adalah film drama perang Australia tahun 2013 yang dibintangi Johan Earl, Tim Pocock, dan Martin Copping. Ditulis oleh Earl, Denai Gracie, dan Travis Spiteri, serta disutradarai oleh Earl dan Adrian Powers.

Film ini berlatar belakang Perang Dunia I. Film tersebut menceritakan tentang tiga tentara Inggris yang terjebak di tanah tak bertuan setelah serangan Inggris terhadap Jerman mengalami kegagalan di Front Barat pada tahun 1916.

Baca juga: 14 Film Lawas yang Bertema Perang Kemerdekaan Indonesia

Ketiganya terjebak di tanah tak bertuan saat malam tiba. Salah satu prajurit terluka parah dan membutuhkan perawatan medis segera.

Seorang prajurit lain tahu bahwa pengeboman artileri besar-besaran akan segera dimulai, dan mereka berada di tempat yang salah karena tidak terlindungi. Ketiganya kemudian mulai merangkak kembali ke parit pertahanan Inggris.

Trailer Forbidden Ground.

Journey’s End (2017)

Journey's End
Poster Journey’s End.

Journey’s End adalah film Inggris produksi tahun 2017 bergenre drama perang yang disutradarai oleh Saul Dibb, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Simon Reade, diadaptasi oleh Simon Reade dari naskah Journey’s End karya R C Sherriff.

Film ini merupakan adaptasi kedua setelah Journey’s End (1930) yang disutradarai oleh James Whale. Beberapa bintang yang bermain dalam film ini di antaranya Sam Claflin, Paul Bettany, dan Asa Butterfield.

Film ini berkisah tentang prajurit Inggris yang bertugas dan terus bersiaga di parit depan untuk menghadapi serangan Jerman yang belum diketahui kapan serangan itu dimulai.

Trailer Journey’s End.

1917 (2019)

1917
Poster 1917.

1917 adalah film drama perang tahun 2019 yang disutradarai oleh Sam Mendes dan diproduseri oleh Pippa Harris, Callum McDougall, Sam Mendes, Brian Oliver dan Jayne-Ann Tenggren.

Baca juga: 6 Situs Web Yang Bisa Kamu Kunjungi Untuk Belajar Sejarah

Naskah film ini ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns. Film ini dibintangi oleh George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Colin Firth, Benedict Cumberbatch dan Claire Duburcq.

Film ini bercerita tentang dua orang prajurit muda Inggris yang ditugaskan untuk membawa pesan. Keduanya mendapat tugas berat karena harus membawa pesan rahasia, melintasi tanah tak beruan dan menyelinap melewati kota yang diduduki oleh pasukan Jerman.

Trailer 1917.

Itulah dua belas film sejarah berlatar belakang Perang Dunia Ke-2 terbaik. Kamu sudah pernah nonton yang mana?

Suka artikel ini, silahkan dibagikan ya.

Tuliskan Komentar