Barru Raya Kuno

Silsilah Raja-Raja Tanete

Berikut ini silsilah raja Tanete mulai dari tomanurung sampai raja ke-24:

  1. Tosangiang (Tomanurung)
  2. Datu Gollae (I)
  3. Puang Loloe (II)
  4. Matinroe Ri Boko’ Juru’na (III)
  5. Datu Ngaseng (IV)
  6. Daeng Majannang (V)
  7. Torijallo Riadennenna (VI)
  8. Daeng Sanjai (VII)
  9. Tomaburu Limanna (VIII)
  10. Petta Pallase’ Lase’e (IX)
  11. Matinroe Ri bulianna (X)
  12. Daeng Matulung (XI)
  13. Daeng Matajang (XII)
  14. Daeng Tennisangnga (XIII)
  15. Daeng Matinring (XIV)
  16. Tenri Leleyang (XV)
  17. Lamaddusila (XVI)
  18. Lapatau (XVII)
  19. Daeng Tennisangnga (XVIII)
  20. Larumpang (XIX)
  21. We Tenriolle (XX)
  22. We Pancaitana (XXI)
  23. We Patteke’ Tana (XXII)
  24. Andi Baso (XXIII)
  25. Andi Iskandar Oenroe (XXIV)

Sumber: Buku sejarah kerajaan Tanete

9 Komentar

  • Dalam silsilah Raja-Raja Kerajaan Tanete perlu dibedakan batasnya Raja pemilik tahta kerajaan dan yang mana batasnya disebut Raja bukan pemilik tahta tetapi Raja disebut Leenforts bahasa Belanda artinya Raja Pinjaman Kolonial, yaitu Larumpang Megga, colliq Fujie, Tenri Olle, I Pancai Tana, Patteke Tana, Andi Baso Pancana dan Andi Iskandar Unru.

  • Keluarga ahliwaris Kerajaan Tanete pada zaman kolonial tidak aktif berkuasa sejak meninggalnya menjelang penjajahan 1906 di Sulawesi-Selatan, La Panaongi To Pasanrangi Baso Mattapie ri Coppo Arung Tompo Bulu Matajang Putra Lapatau Datu Tanete XIII. Setelah itu, bumi Lapatau Tanete, keseluruhannya, dikendalikan oleh Keturunan Datu Bakke We Tenri Olle, I Pancai Tana, I Pattekke Tana Arung Lalolang, mereka merupakan Raja Pinjaman atau Leenforts bahasa Belanda.

  • Terdapat beberapa pesan peninggalan To Mariolota di Tanete berkata: Aja’ Muengka Salaiwi Tanete, Narekko’ Engkani Titti’ Onroiwi Titti’na, Narekko’ Engkani Moppang Onroiwi Alekkena. Pesan ini bermakna, Tanete sebagai negeri adat setelah melalui pergantian politik kolonial dan perpanjangannya dewasa ini cepat atau lambat akan kembali berputar ke asalmuasalnya atau pemiliknya.

  • Waktu diperkirakan Tanete dapat kembali berputar ke asal sesungguhnya, setelah perjalanan waktu berlalu satu abad, waktunya sejak 1906 sampai memasuki tahun 2.002 dan seterusnya

  • Pesan berikutnya berkata, Lewa mui parimeng Tanete, narekko reweni memeng’e Arung yarega Datu ri Tanete.
    Iyatu Tanete Engka Punnana, Ri Seuwani wettu Engkai Passappani ri sappai ri Wija Lawona.

  • Penulis adalah keluarga ahliwaris wija mabbulo sibatang mattulu tellue temmalara arung tompo bulu matajang Tanete Berru, dan keluarga ahliwaris wija mattanete lampe matowa ri Kiru-Kiru/Ponggawa ri Ajakkang Soppeng Riaja.

  • To Mariolota berkata: Engkatu Matu Wettu ManaE Sappai Wijanna, Naiyya WijaE De Nabakke, Bakkemui SisiE De Nabakke AbbijangengE. Artinya; akan pada suatu saat, warisan atau pusaka peninggalan mencari keturunan ahliwarisnya, ahliwaris keturunan tidak bakal kalah dan mengalahkan kekayaan, pangkat dan keahlian dalam ilmu pengetahuan.
    Sekarang Lembaga Adat di Indonesia telah dibangkitkan di mana-mana; di Kabupaten Barru dapat dibangkitkan setelah memperlihatkan sejarah atau silsilah secara berkesinambungan, tentunya tidak menerima intervensi di dalamnya sebagai keluarga pinjaman atau bayangan disebut Rapang atau Mangke dalam bahasa Bugis.

  • Jangan ada keluarga berusaha diangkat Ketua Lembaga Adat di Kerajaan Tanete kalau bukan silsilahnya keturunan La Patau Datu Tanete XIII yang menikah dengan I Pacu Petta Mabbola Jenne’e, keturunannya adalah Baso’ Mattappi’e Arung Tompo Bulu Matajang Matinroe Ri Coppo’ onrong allantikeng arungE, keturunan ahliwarisnya kini bertempat di Mangkoso Kota Santri Andi M. Anwar Zaenong Dosen IAIN Parepare

  • 14. La Oddangriung Daeng Matinring Matinroe ri Musuna/Sultan Yusuf Fahruddin (1733-1744)

    Mencari Keterangan dalam silsilah disebutkan Raja Tanete ke 14

    Kuburannya di mana. apakah dalam kompleks we tenrileleang samping majid lempang

Tuliskan Komentar